Friday, March 25, 2016

SAB (Satuan Acara Bermain) MEWARNAI



SAB
(Satuan Acara Bermain)
MEWARNAI



LOGO STIKES KEPANJEN.jpg
 















Oleh:

Anggih Kumala Dewi
Hanifan Fauzi
Rendy Pratama




PROGRAM PROFESI NERS
SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN
KEPANJEN - MALANG
2014
LEMBAR PENGESAHAN
SATUAN ACARA BERMAIN
Mewarnai
RUANG E RSUD KANJURUHAN KEPANJEN - MALANG







DISAHKAN PADA
......................................................









C.I. AKADEMIK                                                                 C.I. KLINIK




                                   




SATUAN ACARA BERMAIN

Pokok Bahasan                : Terapi Bermain
Sub pokok bahasan         : Mewarnai
Sasaran                            : Anak usia pra-sekolah Ruang E RSUD Kanjuruhan
Pelaksana                         : Mahasiswa Profesi Ners STIKES KEPANJEN
Waktu Pelaksanaan         : Kamis, 13 November 2014
Tempat                            : Ruang E RSUD Kanjuruhan

1. Latar Belakang
Hospitalisasi selama kanak-kanak adalah pengalaman yang memiliki efek yang lama, kira-kira satu dari tiga anak pernah mengalami hospitalisasi (Foster and Humsberger, 1998). Hospitalisasi menjadi stresor terbesar bagi anak dan keluarganya yang menimbulkan ketidaknyamanan, jika koping yang biasa digunakan tidak mampu mengatasi atau mengedalikan akan berkembang menjadi krisis. Tetapi besarnya efek tergantung pada masing-masing anak dalam mempersepsikannya.
Hospitalisasi adalah kebutuhan klien untuk dirawat karena adanya perubahan atau gangguan fisik, psikis, sosial dan adaptasi terhadap lingkungan. Hospitalisasi terjadi apabila dalam masa pertumbuhan dan perkembangan anak mengalami suatu gangguan fisik maupun mentalnya yang memungkinkan anak untuk mendapatkan perawatan di rumah sakit.
Hospitalisasi dapat merupakan satu penyebab stres bagi anak dan keluarganya. Tetapi tingkat stresor terhadap panyakit dan hospitalisasi tersebut berbeda menurut anak secara individu. Mungkin seorang anak menganggap hal itu sebagai hal yang biasa tetapi mungkin yang lainnya menganggap hal tersebut sebagai suatu stresor. Upaya yang dilakukan adalah meminimalkan stress sebagai pengaruh negatif dari hospitalisasi yaitu melakukan kegiatan “Terapi Bermain”. Bermain dipercaya mampu menurunkan stress pada anak akibat lingkungan yang baru dan tindakan invasif selama proses perawatan di rumah sakit.
Bermain dan anak merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Aktivitas bermain selalu dilakukan anak dan aktivitas anak selalu menunjuk kepada kegiatan bermain. Bermain dan anak sangat erat kaitannya hubungannya. Menurut Catron dan Allen dalam bukunya Early Childhood Curriculum A Creative-Play Model (1999) mengatakan bahwa bermain merupakan wahana yang memungkinkan anak-anak berkembang optimal. Bermain secara langsung mempengaruhi seluruh wilayah dan aspek perkembangan anak. Kegiatan bermain memungkinkan anak belajar tentang diri mereka sendiri, orang lain, dan lingkungannya. Dalam kegiatan bermain, anak bebas untuk berimajinasi, bereksplorasi, dan menciptakan sesuatu.
Mewarnai gambar merupakan terapi permainan yang kreatif untuk mengurangi stress dan kecemasan serta meningkatkan komunikasi pada anak. Menggambar atau mewarnai bila sebagai suatu permainan yang “nondirective” memberikan kesempatan anak untuk bebas berekspresi dan sangat “theurapeutic”(sebagai permainan penyembuh/ “theurapeutic play”) (Whaley, 1991). Mengekpresikan perasaan dengan menggambar/ mewarnai gambar, berarti memberikan pada anak suatu cara untuk berkomunikasi, tanpa menggunakan kata (Veltman, 2000).
Salah satu manfaat bermain bagi anak adalah untuk meningkatkan daya kreativitas dan membebaskan anak dari stres. Kreativitas anak akan berkembang melalui permainan. Ide-ide yang orisinil akan keluar dari pikiran mereka. Bermain juga dapat membantu anak untuk lepas dari stres kehidupan sehari-hari. Stres pada anak dapat disebabkan oleh rutinitas harian selama hospitalisasi yang membosankan.
Berdasarkan hal di atas, maka penulis merasa tertarik untuk melakukan kegiatan terapi aktifitas bermain tentang bermain mewarnai terhadap anak usia sekolah di Ruang 15 RSSA Malang.

2. Tujuan
a. Tujuan Instruksional Umum
Setelah dilakukan terapi bermain selama kurang lebih 30 menit diharapkan anak dapat terstimulasi kemampuan motorik dan kreativitasnya.
b. Tujuan Instruksional Khusus
§  Anak dapat melakukan interaksi dan bersosialisasi dengan dengan teman sesamanya
§  Menurunkan perasaan hospitalisasi.
§  Dapat beradaptasi dengan efektif terhadap stress karena penyakit dan dirawat
§  Meningkatkan latihan konsentrasi
§  Mengurangi rasa takut dengan tenaga kesehatan.
§  Melanjutkan perkembangan ketrampilan motorik halus.

3. Sasaran
Yang menjadi sasaran dalam terapi bermain adalah anak yang sedang menjalani perawatan di ruang E RSUD Kanjuruhan usia prasekolah (3-6 tahun).

4. Sarana dan Media
a.       Sarana:
-          Ruangan tempat bermain.
-          Lantai untuk anak dan orang tua.
b.      Media:
-          crayon
-          kertas
-          Jam / pengukur waktu

5. Materi (terlampir)







6. Susunan Acara
Permainan mewarnai dilakukan dalam waktu kurang lebih 30 menit dengan susunan acara sebagai berikut:
Waktu
Kegiatan perawat
Kegiatan peserta
5 Menit
Pembukaan (perkenalan)
1.      Mengucapkan salam
2.      Memperkenalkan diri
3.      Menjelaskan tujuan dan peraturan kegiatan
4.      Menjelaskan media yang akan dijadikan media permainan
1.      Membalas salam
2.      Mendengarkan penjelasan
3.      Mendengarkan penjelasan

4.      Mendengarkan penjelasan
20 Menit
Permainan
1.      Mengumpulkan klien yang telah diseleksi
2.      Meminta kepada setiap anak untuk menyebutkan namanya masing-masing dan bersalaman dengan semua peserta yang lain
3.      Menjelaskan kembali tentang permainan beserta alat-alatnya
4.      Meminta anak-anak untuk bersiap-siap memulai mengambil kertas bergambar dan mewarnai dengan kreasi masing-masing
1.      Ikut berkumpul

2.      Memperkenalkan diri dan bersalaman dengan peserta yang lainnya


3.      Mendengarkan penjelasan

4.      Mulai bersiap-siap untuk memulai mewarnai gambar



5 Menit
Penutup (Terminasi )
1.      Memberikan kesimpulan permainan
2.      Mengucapkan salam penutup
1.      Mendengarkan
2.      Menjawab salam penutup






7. Skema Terapi Bermain
a. Deskripsi tugas Terapis
Leader
§  Memimpin jalannya acara bermain
§  Membuka perkenalan
§  Membuat dan mengatur setting tempat dan waktu
§  Menutup kegiatan bermain
Fasilitator
§  Mendampingi / membantu peserta dalam bermain
Observer
§  Mengobservasi jalannya acara permainan
§  Memberikan sekilas penilaian
§  Memberikan kritik dan saran setelah acara selesai
§  Mengevaluasi dan memberikan feedback pada leader
b. Setting Tempat
                                                                  Keterangan :
                                                                               : Leader


 
                                                                              : Peserta
                                                                              : fasilitator dan observer




Pembagian tugas :
Leader       :
Co Leader : 
Fasilitator  :
 
 







8.Evaluasi
Yang dievaluasi  dalam kegiatan ini adalah:
Û      Persiapan
·         Kesiapan alat-alat permainan dan ruangan untuk bermain
·         Kesiapan peserta dalam mengikuti permainan
·         Ketepatan waktu
Û      Proses.
·         Kemampuan leader memimpin permainan
·         Kemampuan fasilitator dalam memfasilitasi anak
·         Respon anak selama bermain (kontak mata, kehadiran penuh, antusiasme anak selama bermain)
Û      Hasil
·         Kesan –kesananak setelah melakukan terapi bermain

NAMA PESERTA YANG HADIR DALAM TERAPI BERMAIN :
1.       
2.       
3.       
4.       
5.       

RESPON PESERTA :
1.       


2.       


3.       


4.       


5.       

















DAFTAR PUSTAKA

Foster and Humsberger, 1998, Family Centered Nursing Care of Children. WB sauders Company, Philadelpia USA.
Wong, Donna L. 2008. Buku Ajar Keperawatan Pediatrik (Wong’s Essentials of Pediatric Nursing). Terjemahan oleh Andry Hartono. Jakarta: EGC.
Whaley dan Wong. 2004. Buku Ajar Keperawatan Pediatrik. Edisi 2. Jakarta: EGC.
Supartini, Y. 2004. Buku Ajar Konsep Dasar Keperawatan Anak, Cetakan 1, Jakarta : EGC.























Lampiran Materi

TERAPI BERMAIN PADA ANAK YANG DIRAWAT DI RUMAH SAKIT

1.      Pengertian
Bermain adalah salah satu aspek penting dari kehidupan anak dan salah satu alat paling efektif untuk mengatasi stres anak. Karena hospitalisasi menimbulkan krisis dalam kehidupan anak, dan sering disertai stres berlebihan, maka anak-anak perlu bermain untuk mengeluarkan rasa takut dan cemas yang mereka alami sebagai alat koping dalam menghadapi stres (Wong, et al, 2008).

2.      Fungsi Bermain di Rumah Sakit
Perawatan anak di rumah sakit merupakan pengalaman yang penuh dengan stres, baik bagi anak maupun orang tua. Untuk itu anak memerlukan media yang
dapat mengekspresikan perasaan tersebut dan mampu bekerja sama dengan petugas kesehatan selama dalam perawatan. Media yang paling efektif adalah melalui kegiatan permainan. Wong, et al (2008) menyebutkan, bermain sangat penting bagi mental, emosional, dan kesejahteraan sosial anak. Seperti kebutuhan perkembangan mereka, kebutuhan bermain tidak berhenti pada saat anak-anak sakit atau di rumah sakit. Sebaliknya, bermain di rumah sakit  memberikan manfaat utama yaitu meminimalkan munculnya masalah perkembangan anak.
Beberapa manfaat bermain di rumah sakit adalah memberikan pengalihan dan menyebabkan relaksasi. Hampir semua bentuk bermain dapat digunakan untuk pengalihan dan relaksasi, tetapi aktivitas tersebut harus dipilih berdasarkan usia, minat, dan keterbatasan anak. Anak-anak tidak memerlukan petunjuk khusus, tetapi bahan mentah untuk digunakan, dan persetujuan serta pengawasan.
Anak kecil menyukai berbagai mainan yang kecil dan berwarna-warni yang dapat mereka mainkan di tempat tidur dan menjadi bagian dari ruang bermain di rumah sakit (Wong, et al, 2008). Meskipun semua anak memperoleh manfaat fisik, sosial, emosional dan kognitif dari aktivitas seni, kebutuhan tersebut akan semakin kuat pada saat mereka di hospitalisasi (Rollins, 1995 dalam Wong, et al, 2008). Anak akan lebihmudah mengungkapkan pikiran dan perasaan mereka melalui seni, karena manusia pertama kali berpikir memakai imajinasi kemudian diterjemahkan dalam kata-kata. Misalnya, gambar anak-anak sebelum pembedahan sering bermakna kekhawatiran yang tidak terungkapkan (Clatworthy, 1999 dalam Wong, et al, 2008).
Hospitalisasi dapat memberikan kesempatan khusus pada anak untuk penerimaan sosial. Terkadang anak yang kesepian, asosial, dan jahat menemukan lingkungan yang simpatik di rumah sakit. Anak-anak yang mengalami deformitas fisik atau “berbeda” dari teman seusianya dapat menemukan kelompok sebaya yang bisa menerimanya (Wong, et al, 2008). Penyakit dan hospitalisasi merupakan kesempatan yang sangat baik bagi anak dan anggota keluarga lainnya untuk lebih mempelajari tubuh mereka, satu sama lain, dan profesi kesehatan. Sebagai contoh, selama masuk rumah sakit, karena krisis diabetes, seorang anak dapat mempelajari penyakit tersebut, dan orang tua akan mempelajari kebutuhan akan kemandirian anak (Wong, et al. 2008).
Pengalaman menghadapi krisis seperti sakit atau hospitalisasi memberi kesempatan anak memperoleh penguasaan diri. Anak yang lebih muda memiliki kesempatan untuk menguji fantasi versus ketakutan yang nyata. Mereka menyadari bahwa mereka tidak diabaikan, dimutilasi, atau dihukum. Pada kenyataanya mereka dicintai, dirawat, dan diperlakukan dengan hormat sesuai masalah mereka masing-masing (Wong, et al, 2008).

3.      Prinsip Bermain di Rumah Sakit
Menurut Supartini (2004), terapi bermain yang dilaksanakan di rumah sakit tetap harus memperhatikan kondisi kesehatan anak. Ada beberapa prinsip permainan pada anak di rumah sakit.
  1. Permainan tidak boleh bertentangan dengan pengobatan yang sedang dijalankan anak. Apabila anak harus tirah baring, harus dipilih permainan yang dapat dilakukan di tempat tidur, dan anak tidak boleh diajak bermain dengan kelompoknya di tempat bermain khusus yang ada di ruang rawat.
  2. Permainan yang tidak membutuhkan banyak energi, singkat dan sederhana. Pilih jenis permainan yang tidak melelahkan anak, menggunakan alat permainan yang ada pada anak atau yang tersedia di ruangan (Supartini, 2004).
  3. Permainan harus memperhatikan keamanan dan kenyamanan. Anak kecil perlu rasa nyaman dan yakin terhadap benda-benda yang dikenalnya, seperti boneka yang dipeluk anak untuk memberi rasa nyaman dan dibawa ke tempat tidur di malam hari (Wong, et al, 2008).

4.      Teknik Bermain di Rumah Sakit
Menurut Whaley & Wong (2004), tehnik bermain untuk anak yang dirawat di rumah sakit adalah menyediakan alat mainan yang merangsang anak bermain dan memberikan waktu yang cukup pada anak untuk bermain dan menghindari interupsi dengan apa yang dilakukan anak.
Peningkatan pengendalian anak yang meliputi mempertahankan kemandirian, dan konsep perawatan diri dapat menjadi salah satu hal yang menguntungkan. Meskipun perawatan diri terbatas pada usia dan kondisi fisik anak, kebanyakan anak di atas usia bayi dapat melakukan aktivitas dengan sedikit atau tanpa bantuan. Pendekatan lain mencakup memilih pakaian dan makanan bersama-sama, menyusun waktu dan melanjutkan aktivitas sekolah (Wong, et al, 2008).
Meningkatkan kebebasan bergerak juga diperlukan, karena anak-anak yang lebih muda bereaksi paling kuat terhadap segala bentuk restriksi fisik atau imobilisasi. Meskipun imobilisasi medis diperlukan untuk beberapa intervensi seperti mempertahankan jalur iv, tetapi sebagian besar retriksi fisik dapat dicegah jika perawat mendapatkan kerja sama dari anak (Wong, et al, 2008).
Pemberitahuan kepada anak hak-haknya pada saat di hospitalisasi meningkatkan pemahaman yang lebih banyak dan dapat mengurangi perasaan tidak berdaya yang biasanya mereka rasakan (Wong, et al, 2008).

5. Bermain dalam Prosedur
Menurut Wong, et al (2008), bermain pada anak yang bisa diterapkan pada prosedur atau yang melibatkan kegiatan rutin rumah sakit dan lingkungan adalah dengan menggunakan permainan bahasa, misalnya dengan mengenalkan gambar dan kata-kata yang berhubungan dengan rumah sakit, serta orang-orang dan tempat sekitar. Kemudian memberikan kesempatan pada anak untu menulis, menggambar dan mengilustrasikan cerita. Caltworthy (1999 dalam Wong, et al 2008), mengatakan meskipun interpretasi gambar anak membutuhkan pelatihan khusus, dengan mengobservasi berbagai perubahan dalam serangkaian gambar anak dari waktu ke waktu dapat membantu dalam mengkaji penyesuaian psikososial dan koping.
Bermain dalam prosedur rumah sakit juga dapat dilakukan dengan cara penerapan pemahaman anak dengan memberikan ilmu pengetahuan. Tutorial khusus yang diterima anak dapat membantu mereka meningkatkan pelajarannya dan berkonsentrasi pada objek-objek yang sulit, misalnya dengan mengajarkan anak sistem tubuh, lalu buatkan gambarnya, dan anjurkan anak mengidentifikasi sistem tubuh yang melibatkan masalah kedokteran. Contoh lain dengan menjelaskan nutrisi secara umum dan alasan menggunakan diet, serta mendiskusikan tentang pengobatan anak (Wong, et al, 2008).
Sedangkan aktivitas bermain pada anak yang bisa diterapkan pada prosedur khusus adalah dengan menggunakan cangkir obat yang kecil dan didekorasi, memberikan minuman yang dicampur perwarna minuman dengan menggunakan sedotan yang menarik. Hal ini memberikan arti pentingnya intake cairan bagi anak. Untuk melatih pernafasan anak, perawat dapat memberikan balon untuk ditiup atau mengajarkan anak membuat gelembung dengan air (Wong, et al, 2008).
Sedangkan untuk melatih pergerakan ekstremitas anak, perawat dapat mengajarkan ROM dengan cara menggantung bola di atas tempat tidur anak dan suruh untuk menendang atau mengajarkan anak untuk mengulangi gerakan kupu-kupu dan burung (Wong, et al, 2008).
Memberikan injeksi merupakan hal yang paling menakutkan bagi anak. Untuk mengurangi stres anak terhadap hal tersebut, perawat dapat melatih anak dengan membiarkan memegang syringe yang bersih tanpa jarum dan mengajarkan anak menggambar seorang anak telah diberikan suntikan (Wong, et al, 2008).

6.      Alat Mainan yang Sesuai dengan Usia dan Kondisi Anak
Alat mainan dapat diberikan pada anak dalam keadaan kondisi sakit ringan, dimana anak dalam keadaan yang membutuhkan perawatan dan pengobatan yang minimal. Pengamatan dekat dan tanda vital serta status dalam keadaan normal dan kondisi sakit sedang, dimana anak dalam keadaan yang membutuhkan perawatan dan pengobatan yang sedang, pengamatan dekat dan status psikologis dalam keadaan normal. Sedangkan anak dalam keadaan sakit berat tidak diberikan aktivitas bermain karena anak berada dalam status psikologis dan tanda vital yang belum normal, anak gelisah, mengamuk serta membutuhkan perawatan yang ketat (Whaley & Wong, 2004).
Pada usia bayi, saat anak mengalami sakit ringan, alat mainan yang sesuai seperti balok dengan warna yang bervariasi, buku bergambar, cangkir atau sendok, kotak musik, giring-giring yang dipegang, boneka yang berbunyi. Sedangkan saat anak sakit sedang, mainan yang dapat diberikan berupa kotak musik, giring-giring yang dipegang, boneka yang berbunyi (Wong, et al, 2008).
Alat mainan yang dapat didorong dan ditarik, balok-balok, mainan bermusik, alat rumah tangga, telephone mainan, buku gambar, kertas, crayon, dan manik-manik besar dapat diberikan pada anak usia toodler saat mengalami sakit yang ringan. Sedangkan pada saat anak sakit dalam tingkat yang sedang, mainan yang diberikan dapat berupa mainan bermusik, alat rumah tangga, telephone mainan, buku bergambar, dan manik-manik besar (Wong, et al, 2008).
Pada usia pra sekolah, saat mereka mengalami sakit ringan, alat mainan yang dapat diberikan berupa boneka-bonekaan, mobil-mobilan, buku gambar, teka-teki, menyusun potongan gambar, kertas untuk melipat-lipat, crayon, alat mainan bermusik dan majalah anak-anak. Dan saat anak pra sekolah mengalami sakit sedang, mainan yang diberikan dapat berupa boneka-bonekaan, mobil-mobilan, buku bergambar, dan alat mainan musik (Wong, et al, 2008).

7.      Memilih Alat Mainan
Orang tua dari anak-anak yang dihospitalisasi sering menanyakan pada perawat tentang jenis-jenis mainan yang boleh dibawa untuk anak mereka. Meyakinkan orang tua bahwa ingin memberikan mainan yang baru untuk anak mereka merupakan sifat alami adalah tindakan yang bijaksana, tetapi akan lebih baik bila menunggu sementara untuk membawakan mainan tersebut, terutama jika anak tersebut masih kecil. Anak-anak kecil perlu rasa nyaman dan keyakinan terhadap benda-benda yang dikenalnya (Wong, et al, 2008).
Whaley & Wong (2004) menyebutkan beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih mainan bagi anak yang dirawat di rumah sakit adalah, pilihlah alat mainan yang aman (alat mainan ini aman untuk anak yang satu belum tentu untuk anak yang lain). Hindari alat mainan yang tajam, mengeluarkan suara keras dan yang terlalu kecil, terutama anak umur di bawah 3 tahun. Ajarkan anak cara menggunakan alat yang bisa membuat injury seperti gunting, pisau dan jarum. Sediakan tempat untuk menyimpan alat mainan anak-anak dan pilihlah alat mainan yang membuat anak tidak jatuh.

8.      Tahap Perkembangan Bermain
a.       Tahap eksplorasi
Merupkan tahapan menggali dengan melihat cara bermain
b.   Tahap permainan
Setelah tahu cara bermain,anak mulai masuk dalam tahap perminan.
c.       Tahap bermin sungguhan
Anak sudah ikut dalam perminan.
d.      Tahap melamun
Merupakan tahapan terakhir anak membayangkan permainan berikutnya.

No comments:

Post a Comment

Contoh Proposal Kegiatan

PROPOSAL KEGIATAN PENYULUHAN MENCUCI TANGAN YANG BENAR   PROGRAM STUDI PROFESI...